Vespa Excel 150 (Jati diri si jagur vespaku)
Vespa
Excel 150 hadir di Indonesia pada tahun 1992 yang diproduksi oleh ATPM
khusus produk Piaggio waktu itu PT. Dan Motor Indonesia. Motor roda dua
yang masuk kekeluarga besar skuter ini termasuk paling fenomenal
diantara saudara-saudara sesama produk Vespa, bagaimana tidak, dengan
dibekali fitur elektrik stater untuk memudahkan dalam meyalakan mesin
motor, jok yang sudah menyatu demi kenyamanan pengendara, mini airscoope
untuk menambah aerodinamis sewaktu digeber, dan mini windshield yang
memberi kesan retro tapi modern, membuat semua penikmat sisemok nan
montok ini kian pe-de duduk mengendarai Vespa Excel 150.
Dengan
menggunakan teknologi mesin 2 tak 150cc pendingin udara, bore x stroke
57.0 x 58.0mm, pengapian cdi, bertransmisi 4 percepatan, menggunakan rem
tromol depan belakang, aki basah, kopling manual tipe basah, kedua roda
mempunyai lingkar 10”/350 depan-belakang, kapasitas tangki bahan bakar
5lt, kapasitas tangki oli samping 1.2lt, berat total motor 116 kg,
rangka body monoque, sehingga mampu membuat skuter ini digeber sampai
batas kecepatan 110kph kondisi standar pabrik. Selain memberikan
kenyaman ekstra bagi sipengandara, ternyata Excel 150 ini juga telah
mengalami perbaikan teknologi pada mesinnya dibanding saudara tuanya
yakni P150X Exclusive, yang nantinya membuat skuter ini mampu mendapat
power siknifikan diputaran mesin bawah.
Lha
terus apa saja perubahan teknologi tersebut?, yang pertama pada blok
silinder terdapat 3 lubang transfer, ukuran venturi karburator lebih
besar dari pendahulunya, ukuran lubang isap pada crack case juga sudah
dimodif agak besar, mempunyai diameter piston lebih besar dari sang
kakak (58mm), laher bandul menggunakan diameter yang lebih besar, model
rumah kopling dan koplingnya sendiri juga lebih besar, pemakaian oli
samping dan bahan bakar sudah terpisah menjadi 2 bagian dalam 1 tangki.
Dan
pagi para penggemarnya, Vespa Excel 150 ini adalah skuter termewah pada
masanya, dengan dimensi agak sedikit besar dari P150X atau Exclusive,
membuat yang menaiki motor ini merasa nyaman dan stabil dalam menempuh
perjalanan jauh. Walaupun mempunyai model yang begitu-begitu saja, Vespa
seolah tidak mau ketinggalan dalam pengaplikasian piranti keselamatan
dan emergency dijalan, semisal pada skuter ini sudah dilengkapi lampu
sein untuk memberi tanda bagi pengguna jalan yang berada didepan atau
belakangnya saat motor akan membelok, ditambah dengan adanya ban
cadangan, jadi jika ban bocor ditengah jalan, sipengendara tidak usah
pusing-pusing cari tukang tambal ban, langsung aja menepi untuk
mengganti ban bocor dengan ban cadangan. Hmmm…fitur yang tidak dimiliki
oleh motor-motor Jepang.
Last…karena
motor ini adalah motor 2 langkah yang sering dianggap biang polusi,
tingginya harga beli waktu itu, serta kurang memadainya fasilitas 3S
(Sales, Service, Spare part) dari dealer resmi, mengharuskan Vespa Excel
150 ini harus tutup usia pada tahun 2007. Dan menurut saya, tidak lama
lagi skuter semok ini juga akan menjadi seperti kakak-kakaknya yang
lebih awal mengaspal dijalanan negeri ini, yaitu dijadikan kendaran para
pehobi saja dan masuk kekelas kolektor item.
0 komentar:
Posting Komentar