Baut Blok Vespa Biar Awet
Baut Blok akan dimiliki oleh seluruh kendaraan
bermotor, tak terkecuali di Vespa…..Fungsinya berperan cukup Vital, sebab
tanpa baut ini pembakaran kendaraan kurang maksimal…
Memilih baut blok yang awet dan ulir mur-nya
kuat ternyata cukup sulit, sebab di pasaran sekarang rada susah mendapatkan
baut blok yang bagus atau asli….Di toko spare part yang mudah
ditemui biasanya yang lokal, alias baut blok yang biasa….
Masalahnya baut blok yang biasa tersebut, mur-mur
mudah sekali dol (jebol)….Ujung-ujungnya adalah pembakaran bocor melalui
cilinder cop…Memang seh, yang menyebabkan dol-nya baut blok tidak melulu
kesalahan baut….Adakalanya berasal dari pemakai vespa yang suka
ganti-ganti montir…Khusus untuk yang berasal dari kualitas baut blok,
apakah bisakah mendapatkan baut blok yang kuat seperti baut asli ?????????
………bagaimana membuat baut Blok Vespa cukup kuat,
mur-nya tidak mudah dol, dan tahan lama untuk dipergunakan ? Ternyata caranya
tidak sulit….
dibawah ini beberapa langkah yang pernah
dilakukan temen-temen untuk membuat baut blok Vespa menjadi mumpuni, kuat,
tidak mudal dol mur-nya….Setelah tanya sana sini ke tukang (mpu) pembuat golok
di kampung, maka Jadilah pengalaman dibawah ini…Akan lebih mumpuni
lagi jika kita sendiri yang membuat (cor) bautnya, tetapi hm . . . .
. ribet juga, wong butuhnya cuma baut blok tok kok….
Langkah
Pertama
Beli lah baut blok biasa di toko spare part
Vespa, baik yang ukuran standar ( 11 - 11) atau udah rubahan ( 11 - 13 , 13 -
13, 12 - 12)…Jika ada yang asli juga ga masalah….Carilah baut yang ulir murnya
panjang dan masih mulus…Ingat banyak baut yang dijual ulirnya lebih pendek dan
sudah dalam kondisi cacat….
Langkah
Kedua
……siapkan beberapa bungkus arang kelapa (dari
batok kelapa) dan Oli mesin dan minyak sayur….Arang kelapa dipakai dengan
pertimbangan panas-nya lebih bagus dibandingkan arang kayu….Oli mesin dan
minyak sayur dipakai untuk memperkuat unsur logam….Dengan suhu panas
tertentu dimasukan kedalam kedua cairan tersebut, membuat metalurgi logam
(besi/baja) tersebut akan menjadi kuat…..
Ketiga
…..Bakar arang kelapa didalam panci (ruang kedap
/ oven), untuk mendapatkan panas yang maksimal. Dan masukan beberapa baut blok
yang sudah dibeli untuk ikut dipanaskan dalam arang kelapa….tetap usahakan
membara dengan dikipas terus….Dengan pembakaran itu akan menjadikan baut
blok berwarna agak merah….setelah panas, Angkat baut blok dan
celupkan ke oli mesin, lalu bakar kembali…..Setalah panas, angkat kembali dan
celupkan kedalam minyak sayur, lalu masukan kembali ke bara arang batok.
LAKUKAN BERULANG ULANG dengan selang seling minyak dan oli. SEMAKIN Panas dan
semakin lama kita bakar dan semakin sering gonta ganti di celupkan ke oli /
minyak sayur, akan makin memperkuat ulir mur baut blok….
Setelah dilakukan berulang-ulang dan kita
anggap cukup (kurang lebih 15 menit), angkat baut blok, dan dinginkan…..Ingat
Jangan didinginkan dengan air….biar kan sampai dingin dengan sendirinya….
Insya allah baut yang sudah diperlakukan
demikian, akan lebih bagus, bisa jadi lebih bagus dari buatan pabrik, he he …….
. Apalagi pembakarannya maksimal, kipas jalan terus supaya bara tetap
terjaga, hasilnya akan sangat memuaskan…..
baut blok hasil proses bakaran tersebut biasanya
akan berwarna hitam dan agak basah (tidak kering seperti yang dijual di
toko)
Selamat mencoba manteman…..
0 komentar:
Posting Komentar