Tips Merawat Vespa
Assalaamu'alaykuum. Hallo para pembaca. Disini gue pengen berbagi tips
nih tentang cara merawat vespa (menurut gue sendiri). Tapi ntar kalo ada
yang kurang, kasih-kasih saran lah, berbagi tips disini biar semua
menjadi indah wkwkwk.
================================================================================================================================================
Langsung aja dimulai.
1. Merawat busi.
Busi sering mati ada beberapa penyebab, misalnya: masalah pengapian, banjir dan kerak busi.
Masalah pengapian. Busi mudah mati karena masalah pengapian yang gak
maksimal. Cek dulu koil, kondensor, platina, kalo udah pake CDI coba cek
pulsernya. Pulser berfungsi sebagai perantara CDI agar memercikan api.
Kalo koil biasanya jarang rusak(asli). Kondensor, kalo kondensor udah
rusak bisa-bisa mesin jadi "mbrebet-mbrebet". Platina, cek kondisi
platina, jarak ideal adalah 0,5mm. Jarak platina kejauhan ga bisa
memercikkan api dengan maksimal, kalo terlalu dekat bisa
"njebret-njebret" bret. Nah itu semua tadi yang bisa menyebabkan busi
gampang mati.
2. Cek Pengapian.
Ada di postingan yang lama hehehe...
3. Mika Speedometer
Cara merawat mika speedometer yang retak-retak karena terkena pengaruh
suhu yaitu mengoleskan oli pada mika dan tunggu beberapa menit,
retakan-retakan kecil tersebut akan tersamarkan. Seperti kalo pake krim
wajah(bagi yang pake) biar noda tersamarkan. Wkwkwk...
4. Membersihkan Karburator.
Membersihkan karburator gak usah sering-sering. Kalo terlalu sering
bongkar pasan ntar bisa-bisa komponen-komponen karburator aus. Pertama,
bersihkan dulu filter penyaring debu. Pake apa aja yang menurut kalian
bisa buat bersihin. Bensin, solar, minyak tanah, pertamax, asal jangan
pake oli bekas. Tidak dianjurkan pula menggunakan shampoo bayi merk
apasaja. Kedua, bersihkan karburator. Caranya, lepas perlahan baut-baut
yang ada di karburator. Jangan lupa tutup kran bensin dulu ya. Gunakan
kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut biar gak gampang "dol". Lepas
komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi
cairan pembersih(bukan cairan pembersih WC), biar gampang gunakan
cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum
pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap
parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah
yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung
mencarinya. Kalo udah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan
kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi bisa
pake kompresor bisa juga pake pompa tangan. Gunakan amplaz halus untuk
membersihkan kotoran(debu yang bercampur dengan segala macam kotoran
hewan) pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplaznya, karena
dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih,
pasang kembali spuyer-spuyernya. Kalo bisa ya pake obeng spuyer dan
pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung
obeng. Oke bro!
5. Membersihkan Kerak Bensin di Tangki.
Yang pertama, di kuras dulu bensinnya. Lepas baut kran. Kalo udah cuci
pake air bersih. Terus di jemur di bawah panas matahari. Kalo dirasa
udah kering segera ambil tangki tersebut kemudian pasang lagi seperti
semula. Proses menjemur juga harus dilakukan pengawasan agar tangki
tidak terbang ke bak gerobak rongsokan.
6. Mencuci Vespa.
"Cuci Vespamu sendiri. Karena Vespamu adalah pusaka dan bagian dari dirimu sendiri".
Demikian Tips-tips yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Karena kebenaran hanya berasal dari Tuhan. Wassalaam...
http://sleepscooter.blogspot.com/2012/05/tips-merawat-vespa.html
0 komentar:
Posting Komentar