Asal Mula Vespa Dua Warna
Aplikasi dua warna yang melekat pada tubuh Vespa jarang ditemukan dalam produk
-produk Piaggio keluaran decade 1990’an ke bawah, khususnya yang
dkeluarkan oleh Piaggio Italy. Dari penggambaran prosesing di dalam
pabrik Piaggio sekalipun, Vespa dengan model satu warna terlihat lebih
mendominasi. Sehingga terkesan monoton dan hanya dihiasi dengan striping
yang berbahan plastic sticker maupun dari batangan alumunium. Hal ini
entah disebabkan oleh pihak Piaggio dalam memberikan ruang inovasi bagi
pengembang diluar Italy ataupun bagi innovator-inovator individu
pemilik Vespa.
Sebagaimana
diketahui bahwa Piaggio Italy banyak bekerja sama dengan
pengembang-pengembang motorskuter di belahan dunia lainnya guna
melebarkan sayap bisnisnya. Dimana ini terjadi di Jerman yang lisensi
pertamanya dipegang oleh Hoffmann, Inggris dengan Douglas (Kingswood) Ltd., Prancis dengan ACMA (Ateliers de Constructions de Motocycles et Accessories), Spanyol dengan MotoVespa SA, Belgia dengan MISA (Moto Industry SA), Amerika Serikat dengan Sears Roebuck and Co., Brazil dengan Panauto SA, hingga ke India dengan Bajaj Auto Ltd.
Dari para pemegang lisensi inilah Vespa sebagai skuter kemudian
diberikan sentuhan-sentuhan lain, baik dalam kekuatan mesin maupun
tampilan fisiknya dimana salah satunya adalah penempatan kombinasi dua
warna (two tone).
0 komentar:
Posting Komentar