Tips-Tips Merawat Ban Piaggio Anda...
*HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT GANTI BAN *
- Pilih tukang tambal ban yang mempunyai alat pelindung bibir velg, minimal
tukang tambal yang kita kenal, karena jika kita asal pilih tukang tambal
ban, biasanya tukang tambal ban tidak hati-hati mengerjakannya. Akibatnya,
bisa lecet bibir velg kena alat congkelnya.
- Sedikit oli atau air sabun dapat digunakan sebagai alat bantu memasukkan
ban ke velg dan membantu gerakan mengembangnya ban pada saat diisi angin,
sehingga ban mendekap rata dan sempurna pada bibir velg.
- Tekanan Angin. Isi angin sesuai anjuran pabrikan. Pada saat musim hujan,
tekanan ini dapat diturunkan sekitar 5 psi, tujuannya agar cengkeraman ban
ke aspal lebih maksimal. Tetapi apabila ban agak kempis terus dipakai di
jalanan kering, konsekuensinya bensin agak boros. Apalagi kalau dipakai
berboncengan efeknya cukup terasa. Paling enak sih tekanan normal saja.
tekanan ban depan 28 - 30 psi lalu belakangnya 32-34 psi.
- Saat musim hujan disarankan memilih ban dengan kompon lembut. Karena karet
yang soft memiliki daya cengkeram lebih maksimal. jadi, pas banget buat
melibas jalanan basah. Tetapi konsekuensinya usia pakai tipe soft compound
lebih pendek alias cepat habis. Kebalikan bila pilih kompon keras. Usia
pakainya lama namun saat hujan terasa licin. Ingat! Keras di sini maksudnya
bukan karena usia pakai lo.
- Jangan langsung tancap gas setelah kelar mengganti ban. Tekan beberapa
kali rem agar tekanan minyak rem kembali normal. Karena biasanya ketika
pasang kembali piringan ke kaliper, pelat kampas rem kena cungkil obeng
untuk memudahkan pemasangan kembali piringan di kaliper. Ini berakibat
tekanan minyak rem melemah saat kampas kena congkel.
tukang tambal yang kita kenal, karena jika kita asal pilih tukang tambal
ban, biasanya tukang tambal ban tidak hati-hati mengerjakannya. Akibatnya,
bisa lecet bibir velg kena alat congkelnya.
- Sedikit oli atau air sabun dapat digunakan sebagai alat bantu memasukkan
ban ke velg dan membantu gerakan mengembangnya ban pada saat diisi angin,
sehingga ban mendekap rata dan sempurna pada bibir velg.
- Tekanan Angin. Isi angin sesuai anjuran pabrikan. Pada saat musim hujan,
tekanan ini dapat diturunkan sekitar 5 psi, tujuannya agar cengkeraman ban
ke aspal lebih maksimal. Tetapi apabila ban agak kempis terus dipakai di
jalanan kering, konsekuensinya bensin agak boros. Apalagi kalau dipakai
berboncengan efeknya cukup terasa. Paling enak sih tekanan normal saja.
tekanan ban depan 28 - 30 psi lalu belakangnya 32-34 psi.
- Saat musim hujan disarankan memilih ban dengan kompon lembut. Karena karet
yang soft memiliki daya cengkeram lebih maksimal. jadi, pas banget buat
melibas jalanan basah. Tetapi konsekuensinya usia pakai tipe soft compound
lebih pendek alias cepat habis. Kebalikan bila pilih kompon keras. Usia
pakainya lama namun saat hujan terasa licin. Ingat! Keras di sini maksudnya
bukan karena usia pakai lo.
- Jangan langsung tancap gas setelah kelar mengganti ban. Tekan beberapa
kali rem agar tekanan minyak rem kembali normal. Karena biasanya ketika
pasang kembali piringan ke kaliper, pelat kampas rem kena cungkil obeng
untuk memudahkan pemasangan kembali piringan di kaliper. Ini berakibat
tekanan minyak rem melemah saat kampas kena congkel.
*Beberapa Kemungkinan Ban Motor Habis tidak Merata
*
1. Velg motor tidak balance. Jika motor menggunakan velg jari-jari (spoke),
sebaiknya distel ulang. Namun bila sudah didapati keretakan atau tidak
memungkinkan disetel ulang, sebaiknya ganti velg racing dengan yang baru
demi keselamatan Anda.
*
1. Velg motor tidak balance. Jika motor menggunakan velg jari-jari (spoke),
sebaiknya distel ulang. Namun bila sudah didapati keretakan atau tidak
memungkinkan disetel ulang, sebaiknya ganti velg racing dengan yang baru
demi keselamatan Anda.
2. Laher sudah oblak. Karena itu cek dengan teliti lahernya. Bila motor
menggunakan dua sokbreker, cek sokbreker kiri kanan. Bisa jadi volume olinya
tidak sama, atau posisinya miring sebelah, atau mati sebelah.
menggunakan dua sokbreker, cek sokbreker kiri kanan. Bisa jadi volume olinya
tidak sama, atau posisinya miring sebelah, atau mati sebelah.
3. Pemasangan ban belakang dan ban depan tidak lurus, namun jangan
berpatokan pada strip, tapi patokannya pada kelurusan ban. Satu lagi, coba
cek bushing swing arm. Bila sudah oblak segera ganti karena hal ini juga
dapat mengakibatkan ban habis tidak merata.
berpatokan pada strip, tapi patokannya pada kelurusan ban. Satu lagi, coba
cek bushing swing arm. Bila sudah oblak segera ganti karena hal ini juga
dapat mengakibatkan ban habis tidak merata.
4. Cara duduk Anda di motor. Duduk yang tidak memusat, atau duduk yang agak
miring sebelah bisa jadi menjadi penyebabnya. karena tumpuan beban menjadi
berat sebelah. Hal ini dapat pula terjadi bilamana pembonceng seringkali
duduk terlalu ke kiri atau kanan.
*
Cara menjaga dan merawat ban motor Anda:*
1. Memperhatikan tekanan ban pada tekanan ideal/sesuai buku petunjuk. miring sebelah bisa jadi menjadi penyebabnya. karena tumpuan beban menjadi
berat sebelah. Hal ini dapat pula terjadi bilamana pembonceng seringkali
duduk terlalu ke kiri atau kanan.
*
Cara menjaga dan merawat ban motor Anda:*
Karena: tekanan yang tidak seimbang mengakibatkan ban retak dan dapat
merusak bagian pinggir ban (side wall) sehingga dapat mengakibatkan ban
menjadi tidak kokoh dan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama,
pinggiran ban (side wall) dapat retak dan sobek.
2. Usahakan anda memilih jalan yang paling nyaman
Karena: terkikisnya sebuah ban disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak
merata, sehingga menyebabkan ban lebih cepat rusak.
3. Keawetan ban tergantung pada cara pengereman dan cara menarik gas
Karena: jika kendaraan sedang melaju dengan kecepatan tinggi pengereman yang
baik adalah secara halus dan berbarengan dengan menggunakan kedua rem secara
bersamaan dan cara penarikan gas juga jangan terlalu over disaat permulaan
mau jalan dikarenakan traksi roda dengan jalan akan lebih cepat mengikis
sebuah ban
4. Suku cadang yang berhubungan dengan keawetan ban motor adalah velg dan
shock absorber.
Karena: jika shock absorber tidak baik dan velg tidak rata dampak yang akan
terkena adalah terkikisnya ban menjadi tidak merata/bergelombang dan ketika
disaat menikung permukaan ban tidak bisa mencengkram dengan baik. maka dari
itu pun akan membahayakan si pengendara kendaraan tersebut
5. Saat memasang ban, pastikan ban tersebut terpasang secara vertical, garis
list tepi ban harus keluar secara merata dan juga arah rotasi ban harus
sesuai dengan arah alur ban, agar ban dapat sempurna melaju secara rata di
jalan.
0 komentar:
Posting Komentar