Vespa Corsa, Pioneer Motor Matik di Indonesia
Perjalanan
sepeda motor matik di Indonesia cukup panjang. Dimulai pada era 90-an,
PT Dan Motor Vespa Indonesia (DMVI), Agen Tunggal Pemegang Merek
Vespa/Piagio di Indonesia merilis varian Vespa otomatisnya dengan merek
Corsa 125.
Masyarakat Indonesia dibuat terkejut dengan kehadirannya, konsumen
yang belum begitu ngeh dengan motor otomatis dibuat terpana sekaligus
bingung.
Andai
saja pihak ATPM (PT Dan Motor-red) gencar melakukan berbagai kegiatan
promo dan edukasi kepada banyak konsumen akan produk matik pertamanya
tersebut, layaknya ATPM-ATPM jepun sekarang. Tidak menutup kemungkinan
varian Vespa yang berjenis Small Frame ini bisa sukses melenggang
sampai sekarang ini.
Dengan
dibekali mesin 2 langkah berpendingin udara berkapasitas 121.2cc,
silinder bore 55mm, piston stroke 51mm, berkekuatan 6.87 tenaga kuda
pada 5.600rpm, karburator Dell Orto 19E, bertrasmisi otomatis, double
stater, otomatis mixer oli samping, dibekali sistem pengereman tipe drum
depan-belakang, lingkar ban berdiameter 10″-300 depan-belakang dan
bisa diajak ngebut sampai 90kph.
Kelebihan
motor matik ini dibandingkan dengan matik keluaran sekarang adalah
adanya gear posisi netral, gear ini berfungsi mencegah resiko
pengendara terpental ketika motor distater dengan menarik throtle gas
terlalu kedalam.
Jadi
jika ingin menjalankan motor ini, setelah distater dan mesin dalam
kondisi menyala langsam, tidak serta merta bisa langsung dibejeg
seperti halnya matik-matik jaman sekarang.
0 komentar:
Posting Komentar