Jumat, 08 Maret 2013

Pelopor Vespa Kombinasi Dua Warna

Aplikasi dengan mengkombinasikan lebih dari satu warna pada bagian-bagian tertentu Vespa berawal dari inovasi-inovasi perorangan para pemilik skuter. Dari rekam gambar yang ada, variasi pewarnaan Vespa sudah dimulai dalam decade 1950’an. Dimana kombinasi dua warna lebih banyak dalam bentuk striping serta melengkung mengikuti lekukan bagian-bagian tertentu. Pada acara Isle Of Man  (I.O.M) Scooter Rally Concours d’Elegance yang diadakan di Inggris tahun 1958 terekam dalam gambar adanya beberapa peserta yang terlihat telah mengkombinasikan warna pada Vespanya.
suasanaSuasana penutupan Isle Of Man  (I.O.M) Scooter Rally Concours d’Elegance tahun 1958 dimana para pemenang menyempatkan diri berpose di depan Vespanya masing-masing

Walaupun secara personal kombinasi dua atau lebih warna pada skuter telah dipelopori para skuteris Inggris tersebut, namun secara resmi Douglas Ltd., selaku pemegang lisensi Vespa di Inggris belum melihat pentingnya inovasi tersebut apabila diaplikasikan secara resmi pada Vespa keluaran pabriknya. Akan tetapi dalam perkembangannya setelah Innocenti dengan Lambrettanya masuk pula ke Inggris, maka perang inovasi guna mendongkrak jumlah penjualanpun dimulai dan ternyata inovasi dari skuteris-skuteris tersebutpun mulai dilirik oleh pabrikan skuter di Inggris.
Vespa masuk ke daratan Inggris dimulai saat salah seorang petinggi perusahaan Douglas Motorcycle, Claude McCormack mengunjungi Italy tahun 1948. Dalam wisatanya di Italy tersebut ia melihat begitu banyak Vespa berseliweran di jalan-jalan dan McCormack memandang bahwa ia telah melihat tambang emas diatas roda dua tersebut. Pada tahun berikutnya Douglas mulai mengimport Vespa dan memamerkannya dalam acara pameran otomotif Earls Court Show di London tahun 1949. Pada acara itu McCormack menyatakan rencana pabrik Douglas di Bristol yang akan membangun 10.000 Vespa di Inggris dengan lisensi dari Piaggio Italy. Dari kejadian itulah maka pada kelanjutannya muncul beberapa varian Vespa made in England yang memberikan pilihan lain bagi para skuteris.
doug
Claude McCormack salah seorang petinggi Douglas yang memboyong Vespa masuk ke Inggris tahun 1949

Kehadiran skuter ternyata cukup menarik perhatian anak-anak muda Inggris. Fenomena ini kemudian mendorong generasi Mod di negeri kerajaan tersebut untuk menggunakan skuter sebagai salah satu ciri khasnya. Mengingat tidak hanya Vespa saja yang menjadi pilihan anak-anak Mod dalam berkendaraan, maka persaingan pasarpun dimulai antara Douglas dan Innocenti di Inggris. Dengan segala justifikasi subyektif masing-masing pengguna atas pilihan jenis skuternya, dari sisi pabrikan inovasi-inovasi baru sangatlah diperlukan guna mendongkrak angka penjualan. Dan ternyata pada perkembangannya angka penjualan Vespa di Inggris masih di bawah Lambretta, maka setelah melakukan berbagai riset Douglas mulai melirik untuk mengaplikasikan kombinasi dua warna dalam produk skuternya.

2color

Generasi awal Mod tahun 1960’an telah memberikan pengaruh kuat bagi produsen Vespa khususnya di Inggris untuk secara resmi mengeluarkan Vespa dengan kombinasi dua warna.
Untuk itu pada akhir tahun 1962 Douglas memperkenalkan secara resmi produk Vespa bermotif dua warnanya kepada khalayak ramai dengan nama Sportique Supreme. Dengan pilihan warna bernuansa metalik, Sportique Supreme yang merupakan Vespa Sportique special edition, memiliki ciri khas pada spakbor depan dan boks di kiri-kananya yang berwarna chrome. Tidak hanya bernuansa kombinasi dua warna, Sportique Supreme juga dipercantik dengan beberapa asesoris yang diberikan Douglas dalam paket penjualannya, seperti footrest dan horn cover. Vespa ini kemudian dibanderol pada masa itu dengan harga £ 162 3s 10d. atau sekitar 3. 2 juta’an dalam kurs saat ini.

sportiq

Sportique Supreme pelopor aplikasi dua warna dalam Vespa versi pabrikan yang diproduksi oleh Douglas (Kingswood) Ltd.
Perkembangan Vespa Kombinasi Dua Warna
Setelah Douglas secara resmi (versi pabrikan) mengeluarkan Sportique Supreme yang merupakan generasi awal Vespa kombinasi dua warna, inovasi pabrikan dalam menyuguhkan pilihan warna seakan berhenti di tahun 1963. Karena sejak saat itu selain pengembangan dua warna lebih dilakukan pada tingkat distributor yang mengarah pada custom sesuai dengan pesanan juga pada akhirnya kembali kepada skuteris lagi.
Eddy Grimsteads di Barking Road, Woodford Scooters dan Scoot-a-long di Old Kend Road London merupakan outlet-outlet tingkat distributor yang menyediakan kombinasi dua warna versi asli maupun pesanan. Dimana salah satu produknya adalah Vespa Hurricane yang sekelas dengan Vespa Super Sport made in Italy, hanya dengan menambah £ 10 dari harga resminya pada masa itu, pembeli diberikan pilihan dua warna untuk Vespa Hurricane yang berkekuatan 180cc.  Pada tingkat skuteris inovasi terhadap kombinasi warna berkembang lebih liar lagi dan tidak terbatas hanya di Inggris saja.
Di negeri tercinta kita yang merupakan salah satu pasar skuter jenis Vespa sejak tahun 1960’an, pengembangan Vespa dua warna lebih didominasi oleh para skuteris sendiri. Hal ini mengingat distributor Vespa pada masa itu lebih bersifat konservatif dalam memberikan warna apa adanya sesuai dengan Piaggio Italy. Pengembangan dalam aplikasi warna yang dilakukan skuteris negeri tercinta sudah tidak lagi terbatas hanya pada dua pilihan.
eddy
Tidak jarang dalam acara-acara skuter maupun di jalan-jalan terdapat Vespa yang dicat “warna-warni” hingga lebih dari dua warna atau bahkan ada yang tidak dicat sama sekali. Alasan yang sangat subyektif merupakan hal yang sering ditemukan apabila mereka ditanya mengenai Vespanya yang berwarna-warni. Dimana kebanyakan berpendapat bahwa aplikasi dua warna atau lebih adalah agar scooternya dapat terlihat dengan nyata diantara kerumunan scooter lainnya. Dilain pihak aplikasi dua warna atau lebih juga dapat dijadikan identitas jelas pemilikinya saat di jalan.

0 komentar:

Posting Komentar