MODIFIKASI VESPA
Kalo bicara modifikasi, motor yang satu ini paling sering terlihat mencolok di jalanan, yaitu Vespa.  Motor yang berasal dari negeri yang terkenal dengan makanan pizzanya ini mempunyai ciri khas yang sangat kental pada bentuknya. Dengan bentuk body yang kembung (bulat) membuat Vespa terlihat dan tertanam dalam benak seseorang adalah motor klasik. Vespa sendiri pada zaman dulu di pakai tentara Indonesia untuk beraktivitas, dan yang mempuyai motor ini hanyalah tentara dan masyarakat kelas atas. Tapi setelah perang Dunia II berakhir, Vespa terus di suplay ke Indonesia dan dijadikan kendaraan roda 2 yang dapat dipakai masayarakat umum biasa untuk beraktivitas. Saat ini di Indonesia sendiri Vespa sudah sangat menjamur, saat ini penggemarnya sangatlah beragam, dari orang tua sampai remaja. Biasanya para pengendara vespa mempunyai komunitas untuk saling sharing info-info seputar motor klasik ini. Satu hal yang paling sering mencolok dari Vespa adalah modifikasi, bagi anak Vespa modifikasi menjadi sebuah bagian yang dilakukan untuk mempercantik scooter kesayangannya. Semakin unik Vespa yang dimodifikasi maka akan menggambarkan karakter dari pengendara Vespa itu sendiri. Beragam jenis barang-barang untuk memodifikasi Vespa, dari Fly Screen (kaca pelindung depan), side protector (besi chrome pelindung body, bumper depan & belakang),besi chrome tempat lampu tambahan depan, besi dudukan box chrome belakang, alas pijakan, velg chrome, knalpot, kaca spion, speedometer, dll. Jenis modifikasi Vespa ada berbagai jenis, diantaranya adalah Classic Vintage, Brit Stle, Racing Look, Chooper Style, Rat Bikers, Extreem, dan Low Riders.  Berikut penjelasannya :
  1. Classic Vintage : merestorasi kembali motor Vespa kekondisi awal. Banyak sekali para scooterist yang menganut aliran ini, dikarenakan lebih simpel dan mudah dalam pengerjaan, maka modifikasi ini kerap kali dijadikan acuan dalam membangun motor kesayangannya. Tidak banyaknya pernak pernik yang menempel pada body motor, kesan apik dan resik pada sisemok, menjadi tonjolan utama pada modifikasi ini.
  2. Brit Style atau British Style : aliran yang pertama kali dipopulerkan di negeri Victoria, penggunaan kaca spion berlebih, pemasangan aksesoris lampu, windshield tinggi menjulang, besi behel protektor depan-belakang, pokoknya segala macam antribut berkesan blink-blink nempel pada body Vespa. Sebenarnya bukan tanpa sebab para skuter lovers memasang berbagai aksesori seperti diatas, kesan manis, gagah dan unsur proteksi extra pada body motor jika terjadi kecelakaan bisa diminimalisir adalah alasan mereka memodifikasi dengan model Brit Style.
  3. Racing Look : Sama seperti judulnya, kesan sporti bak pemburu kecepatan, kerap dijadikan rujukan speed freakers para penggemar skuter. Pemasangan stang trondol, pemangkasan tinggi dan coak tebeng depan, jok single seater, pengaplikasian perpindahan gigi model cungkil layaknya motor sport, pemakaian knalpot racing harus wajib, dan kondisi mesin yang dirombak berkapasitas besar, jauh dari kata orisinil standar mesin Vespa.
  4. Chooper Style : Arahan modifikasi yang lebih banyak berkiblat pada motor-motor chopper khas produk Harley Davidson, menjadi acuan utama para penikmat modif ini. Pemotongan sasis body secara total, pembentukan rangka baru, pengaplikasian shockbreker motor batangan, penggunaan ban belakang lebih gembot dari pada depan, jok single seater, perancangan sudut rake yang dibuat centang dan penggunaan knalpot free flow adalah ciri khas dari modifikasi ini. Biasanya biaya modif yang dihabiskan untuk membuild up satu Vespa Chopper hampir sama dengan membeli motor bebek.
  5. Rat Bikers : Satu lagi modifikasi sangat unik, segala macam barang berguna maupun tidak berguna biasanya ditempel sebagai aksesoris Vespanya. Pemasangan sespan palsu, pemanjangan sasis tengah, dan kesan dekil dan lusuh adalah ciri utama dari ubahan Rat Biker. Suara parau kenalpot free flow yang memekakkan telinga kadang menjadi kenikmatan tersendiri bagi si riders.
  6. Ekstrem : Kalau yang ini bisa dikatakan sebagai arahan modifikasi yang benar-benar total berbeda dengan yang lain, kenapa bisa seperti itu? karena sudah tidak mempunyai bentuk yang jelas. Kondisi sudah diluar model standar pabrikan, penambahan atau mungkin pembentukan ulang design dan model dari nol adalan konsep yang biasanya banyak diambil oleh para penikmati modif ini.
  7. Low Riders : Dan yang terakhir adalah modifikasi Low Riders alias ceper. Tidak mengenal itu kendaraan roda 4 atau 2, pasti pernah menerapkan modif ini, memang modifikasi Shockbeker pendek (ceper) tidak pernah mati. Dalam dunia skuterpun juga bisa terjangkiti wabah ini, tidak mengenal itu basic modif vintage classic, chopper style, ataupun rat bikers, bisa saja menerapkan unsur ceper pada skuternya. Hal yang perlu dijauhi jika memodifikasi jenis ini adalah polisi tidur dan jalan yang rusak.
So, apa ide kreatifmu untuk membuat Vespa kesayangan kamu agar bisa menarik perhatian orang….;)

http://scooterismo.wordpress.com/